Kamis, 15 Maret 2012

Organisasi Formal dan Informal

Organisasi Formal yaitu sistem kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dikoordinir untuk mencapai suatu tujuan yang ditetapkan secara rasional.

Contoh Organisasi formal adalah perusahaan - perusahaan besar,badan - badan pemerintah atau universitas .

Organisasi Informal yaitu kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang tidak dikoordinir untuk mencapai tujuan yang disadari tapi akhirnya mempunyai tujuan bersama, dimana kedudukan dan fungsi-fungsi yang dilakukan tampak kabur.

Contoh Organisasi informal
  • Organisasi Primer, organisasi semacam ini menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya. Mereka berlandaskan ekspektasi rimbal balik dan bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak. Contoh dari organisasi semacam ini adalah keluarga-keluarga tertentu.
  • Organisasi Sekunder, organisasi sekunder memuat hubungan yang bersifat intelektual, rasional, dan kontraktual. Organisasi seperti ini tidak bertujuan memberikan kepuasan batiniyah, tapi mereka memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya. Sebagai contoh organisasi ini adalah kontrak kerjasama antara majikan dengan calon karyawannya dimana harus saling setuju mengenai seberapa besar pembayaran gajinya.

Peran penting Manajemen di kehidupan sehari - hari dan Organisasi

   Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menentukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

     Peran penting manajemen dikehidupan sehari-hari dalam proses hidup untuk mencapai keberhasilan mencapai tujuan . dalam kehidupan sehari - hari manajemen harus terkordinir dengan baik. Contoh manajemen di kehidupan sehari - hari ialah mengatur kehidupan rumah tangga,suami ataupun istri harus kompak dalam membangun keluarga yang baik,baik dalam keuangan , komunikasi agar keluarga tetap harmonis . Jadi manajemen sanagat penting dalam kehidupan kita karena dengan adanya manajemen dapat mengatur sesuatu dengan baik dan benar .

 
   Organisasi adalah suatu kumpulan manusia terdiri dua orang atau lebih yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

   Peran penting manajemen di organisasi,menurut saya kalau sebuah organisasi tidak ada manajemen maka organisasi itu tidak berjalan dengan baik. dengan adanya manajemen di organisasi tersebut semua pasti bisa terkendali,Organisasi biasanya melakukan kegiatan - kegiatan positif , dalam melakukan kegiatan seringkali harus ada musyawarah dalam organisasi,didalam organisasi tentu ada Pemimpin organisasi dan anggotanya,dalam musyawarah seringkali harus mengambil keputusan - keputusan yang tepat agar semua berjalan dengan baik.itulah manajemen di organisasi,manajemen punya peranan penting di organisasi seperti peranan antar pribadi,peranan informasional,peranan keputusan dll.